Tim Publikasi HIMMA

Sumedang – 12 April 2021 Tidak terasa besok sudah memasuki Bulan Ramadahan. Namun, pandemi Covid-19 yang belum teratasi membuat sebagian masyarakat juga mahasiswa masih membatasi aktivitas dan pertemuan tatap muka secara langsung. Seperti tahun lalu, Ramadhan dan mungkin juga Lebaran tahun ini tetap akan dijalani dengan nuansa yang masih virtual.

Kegiatan dan aktivitas khas selama Ramadhan seperti silaturahmi hingga buka puasa bersama mungkin sulit untuk dilakukan secara tatap muka, mengingat pemerintah tidak mengizinkan adanya perkumpulan yang mengundang banyak orang karena kondisi yang belum bisa teratasi sampai hari ini.

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga silaturahmi :

  1. Mengirim Ucapan Melalui Media Sosial

Mengirim ucapan melalui media sosial bisa dikatakan merupakan cara bersilaturahmi jarak jauh yang paling efektif. Mengingat, semua orang memang telah menggunakan media sosial untuk kegiatan berkomunikasi di kehidupan sehari-hari.

  1. Berkirim Parcel Ramadan

Mungkin berkirim parcel sudah biasa dilakukan saat Ramadan di hari-hari sebelum adanya pandemi. Nah, dengan melanjutkan kegiatan ini, setidaknya Anda dapat tetap memperkuat silaturahmi bagi orang-orang terdekat Anda yang mungkin saat ini harus terpisah jarak karena virus Corona Covid-19.

Hingga sekarang jasa pengiriman barang masih banyak yang beroperasi, dan kita bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mengirim parcel. Jangan lupa, berikan sepucuk surat atau kartu ucapan yang berisi kata-kata penyemangat dan doa yang baik bagi si penerima parcel.

  1. Bukber Online

Saat ini telah banyak teknologi video conference yang bisa memuat banyak orang dalam satu waktu. Dengan memanfaatkan teknologi ini, maka setidaknya dapat mengobati rasa rindu terhadap sanak saudara atau teman karena adanya pembatasan keramaian saat diluar rumah.

Berbicara tentang buka bersama, memang tidak lepas dari tradisi yang umum dilakukan semua kalangan saat bulan puasa. Namun, hal tersebut tidak mungkin dilakukan untuk saat ini, karena dengan berkumpul dalam satu tempat yang banyak orang, maka daapat meningkatkan risiko terkena virus Corona Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *