Tim Publikasi Himma –

Seringkali mahasiswa berinteraksi dengan dosen tidak hanya secara offline melainkan online juga seperti menanyakan tugas, konsultasi perihal masalah akademik dan lain-lain. Tapi, banyak terjadi kasus mahasiswa yang dinilai kurang sopan saat menghubungi dosen. Seperti menghubungi dosen di waktu yang kurang tepat, atau menggunakan kata-kata yang kurang sopan. Berikut ini adalah tips-tips menjaga etika dalam menghubungi dosen :

  1. Perhatikan Waktu saat Ingin Menghubungi Dosen

Banyak terjadi contoh kejadian mahasiswa menghubungi dosen di waktu yang kurang tepat, misalnya saat dosen sedang tertidur pulas atau di jam-jam pribadi. Waktu yang paling tepat dan etis untuk menghubungi dosen adalah saat Jam Kerja, yakni mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 WIB.

  1. Jangan Lupa Ucapkan Salam

Salam adalah kesan pertama saat penerima pesan membaca pesan. Jadi, ucapkanlah salam agar terlihat sopan. Jika sesama muslim, ucapkanlah Assalammualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, atau ucapan ‘Selamat Pagi dan Selamat Malam’ menyesuaikan dengan waktu dan kondisi.

  1. Jangan Lupa Minta Maaf

Ucapan maaf akan menunjukkan sikap sopan santun dan rendah hati karena telah mengganggu waktunya.

  1. Sebutkan Identitas dengan Lengkap

Pastikan selalu menyertakan identitas disetiap awal komunikasi dengan lengkap, karena dosen bertemu dengan ratusan mahasiswa setiap harinya. Jadi tidak mungkin dosen telah mengetahui siapa yang baru saja menghubunginya.

  1. Gunakanlah bahasa yang umum yang formal dan juga santai.
  2. Tulis pesan secara singkat, padat, dan jelas.
  3. Ucapkan Terimakasih

Ucapkan terimakasih kepada dosen, karena telah menyempatkan waktu membaca pesanmu. Serta jangan lupa akhiri pesanmu dengan salam penutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *